• Version
  • Download 17
  • File Size 294.77 KB
  • Create Date November 26, 2022
  • Download

Penyakit kanker masih merupakan penyakit utama di Indonesia, bukan saja karena prevalensinya yang cenderung meningkat tetapi umumnya penderita datang dalam stadium yang telah lanjut.

Sampai saat ini tindakan utama dalam penatalaksanaan penyakit kanker adalah tindakan operasi. Tindakan ini harus dilakukan oleh tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi dalam bidang ini. Kompetensi tindakan bedah onkologi dapat dicapai setelah menjalani Pendidikan Dokter Spesialis Konsultan Bedah Onkologi yang dapat ditempuh dalam empat sampai dengan enam semester.

Pada Muktamar Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia ke VII di Surabaya telah ditetapkan dua Pusat Pendidikan Dokter Spesialis Konsultan Bedah Onkologi yang baru sehingga jumlah pusat pendidikan keseluruhan ada 5 (lima) yaitu pusat pendidikan Jakarta, Bandung, Makasar, Denpasar dan Semarang.

Sejalan dengan perkembangan ilmu dan tekhnologi kedokteran maka dipandang perlu untuk merevisi Katalog Subspesialis Bedah Onkologi tahun 1997 menjadi Pedoman Pendidikan Dokter Spesialis Konsultan Bedah Onkologi yang merupakan revisi ke dua dari katalog aslinya.

Atas kerja keras tim perumus buku Pedoman Pendidikan Dokter Spesialis Konsultan Bedah Onkologi ini kami sampaikan penghargaan yang setinggi- tingginya. Demikian semoga buku ini dapat dipakai sebagai pedoman dalam melaksanakan Pendidikan Dokter Spesialis Konsultan Bedah Onkologi di 5 (lima) pusat pendidikan tersebut diatas.